021-893-4357 info@pimurho.co.id

Kendaraan listrik pertama dikembangkan oleh berbagai ilmuwan dan insinyur dari seluruh dunia selama beberapa abad terakhir. Namun, perkembangan modern kendaraan listrik seperti yang kita kenal sekarang ini umumnya diatribusikan kepada beberapa penemu kunci dan perusahaan teknologi.

Salah satu kontributor penting dalam pengembangan mobil listrik adalah Thomas Davenport, seorang insinyur Amerika Serikat yang pada tahun 1835 membangun mobil listrik pertama yang berfungsi. Kemudian, pada akhir abad ke-19, insinyur Inggris, Sir David Salomon, memperkenalkan mobil listrik yang diberi nama “Salomon Electric Carriage”, yang dianggap sebagai cikal bakal kendaraan listrik modern.

Pada awal abad ke-20, sejumlah penemu dan perusahaan mengembangkan teknologi kendaraan listrik lebih lanjut, termasuk Charles F. Kettering yang pada tahun 1911 menciptakan starter elektrik untuk mobil, yang membuat mobil listrik lebih praktis.

Namun, perkembangan paling signifikan dalam mobil listrik modern dimulai pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. Perusahaan seperti Tesla, yang didirikan oleh Elon Musk, berperan penting dalam mendorong adopsi mobil listrik melalui produk-produk inovatif seperti Tesla Roadster, Model S, Model X, Model 3, dan lainnya.

Selain itu, banyak perusahaan mobil besar lainnya juga telah mengembangkan mobil listrik mereka sendiri, mendorong inovasi dan adopsi teknologi ini secara lebih luas di seluruh dunia.